SaLam Binjai Community

SaLam Binjai Community
kilometer NOL Sabang

Air Terjun Saringgana

By Setya50   Posted at   15:59   Wisata di sumatera utara No comments



Banyak kalangan terutama tim-tim adventure sudah mengenal air terjun ini. Ya... benar inilah Air Terjun Saringgana. Air terjun ini kembali terkenal dan ramai dikunjungi setelah lima tahun tenggelam tak terdengar namanya. Setelah sebelumnya ditahun 2009-2010 air terjun ini pun menjadi hits untuk dikunjungi para petualang dan penikmat alam.

Awalnya di tahun 2004 tim GAPALATAS BINJAI  yang pada waktu itu melakukan camping di daerah Marike. Entah di sengaja atau tidak , menemukan air terjun ini dan menyebar dari mulut ke mulut hingga ramai dikunjungi.



Setelah lama terpendam dan tak terjamah lagi, di tahun 2014 lalu mulailah tim-tim adventure kembali menapakkan kaki di Air Terjun Saringgana ini termasuk teman-teman SBC (SaLam Binjai Community) . Air terjun Saringgana pun juga indah tebing-tebing yang menjulang tinggi pun mirip dengan tebing di Air terjun Sipiso-piso didesa Tongging . Debit air nya pun deras yang jatuh dari ketinggian 26-30 meter. 


Air terjun ini terletak di Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika kita akan menuju tempat wisata Bukit Lawang, maka kita akan melewati pintu masuk Kecamatan Kutambaru (gerbang Marike) di sebelah kiri kita. 

Untuk jalur trekking ke Air terjun Saringgana ini dari Pos Parkir berkisar 25 menit sampai 35 menit. Dan jarak dari Kota Binjai ke Pos Parkir air terjun ini sekitar 2 jam lebih. Tergantung cuaca apakah hujan atau tidak. Jika sebelumnya jalur di basahi hujan maka waktu perjalanan akan lebih lama. Ini dikarenakan jalan menuju air terjun ini masih di dominasi dengan batu-batu dan lumpur. 

Jadi siapkan motor anda agar perjalanan tidak terhambat. Untuk mobil cantik disarankan tidak ketempat ini. Walaupun jalur berbatu dan berlumpur, tetapi disitulah letak keasikkan petualangannya untuk menuju ketempat yang indah yaitu Air Terjun Saringgana . Dan jangan buang sampah di tempat yang indah ini sebagai wujud peduli akan lingkungan yang sehat dan bermanfaat.

SaLam Lestari...
SBC (SaLam Binjai Community)


>

About the Author

Wendy Setiawan belajar menjadi jurnalis
View all posts by: BT9

0 komentar :

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

Terima kasih..
telah mengunjungi blog sederhana ini.

berkomentar dengan baik dan sopan adalah budaya negeri kita, Indonesia.

jika ingin bergabung ataupun bekerja sama, silahkan ke fb page kita : SahabatAlam

Dan untuk shared artikel dan foto jangan lupa sertakan Link blog ini

About Our Blog

© 2013 Keindahan Wisata Alam Sumatera Utara . WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates . Powered by Blogger .