SaLam Binjai Community

SaLam Binjai Community
kilometer NOL Sabang

Kisah di Balik Keindahan Air Terjun Lau Bertu

By Setya50   Posted at   02:22   wonderfull indonesia No comments


SaLam Lestari... Lau Bertu,air terjun ini sudah tak asing lagi di telinga para KPA(Kelompok Pecinta Alam) khususnya di Sumatera Utara.Dan Telah banyak di kunjungi oleh Kelompok-kelompok pecinta alam tersebut.Terletak di Kecamatan Sei Bingai, Langkat, Lau bertu menjadi salah satu destinasi wisata alam
di daerah ini.
Keindahan Air terjun Lau Bertu terletak pada Debit air yang sangat deras dan lebih lebar daripada air terjun yang ada di sekitarnya. Yang lebih unik, ialah beberapa kisah dibalik keindahannya.Tanggal 14 agustus 2013 adalah pertama kali saya ke tempat ini bersama andri harsana dan yulan.Ketika itu saya mendapat cerita dari andri, air terjun ini sempat akan di jadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air(PLTA).Namun andri tidak menjelaskan kenapa PLTA itu tidak terwujud.Penasaran, di tahun 2014 ini saya berkeliling menelusuri agar mendapatkan cerita yang sesuai harapan saya.
Saya pun mendapatkannya dari warga sekitar.Dari cerita yang saya dapat,mengapa PLTA itu tidak terwujud dikarenakan tebing yang labil membuat pembangunan terhambat dan dihentikan.Saat pertama kali saya ke air terjun ini, ternyata sesudah terjadi longsor tebing.Cerita lainnya ialah tempat ini sempat diwacanakan menjadi bumi perkemahan(bumper) oleh pemerintah kabupaten langkat,namun batal.Dan sebelum menjadi seperti sekarang, dahulu Lau Bertu pun pernah dibuka sebagai objek wisata alam, dan lagi-lagi harus di tutup karena kalah bersaing dengan wisata Namu Sira Sira yang pada saat itu menjadi tren dan booming dikalangan wisatawan serta karena akses jalan menuju tempat ini yang belum diperbaiki.
Begitulah kisah di balik keindahan Air Terjun Lau Bertu yang saya dapatkan dari masyarakat setempat.
>

About the Author

Wendy Setiawan belajar menjadi jurnalis
View all posts by: BT9

0 komentar :

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

Terima kasih..
telah mengunjungi blog sederhana ini.

berkomentar dengan baik dan sopan adalah budaya negeri kita, Indonesia.

jika ingin bergabung ataupun bekerja sama, silahkan ke fb page kita : SahabatAlam

Dan untuk shared artikel dan foto jangan lupa sertakan Link blog ini

About Our Blog

© 2013 Keindahan Wisata Alam Sumatera Utara . WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates . Powered by Blogger .