SaLam Binjai Community

Berlebaran di Puncak Gunung Sibayak

By Setya50   Posted at   01:34   Wisata di sumatera utara No comments

salamsumu.blogspot.com

Hari libur lebaran banyak digunakan orang untuk mudik. Bersilahturrahim ke tempat sanak saudara dan juga berlibur ke tempat-tempat wisata bersama saudara ataupun teman. Tak terkecuali rekan-rekan dari Sahabat Alam (SaLam) Binjai Community yang juga Memanfaatkan momentum ini untuk bersilahturrahim sekaligus liburan bersama teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa.

Setelah menentukan beberapa tanggal dan tempat tujuan untuk berwisata sekaligus bersilahturrahim. Maka diputuskan oleh rekan-rekan SBC pada hari kamis, tanggal 23 Juli 2015 untuk ngetrip mendaki Gunung Sibayak atau Gunung Raja (2.212 mdpl).Gunung Sibayak adalah salah satu gunung yang terletak di desa Lau Debuk-debuk, kabupaten tanah Karo,Sumatera Utara. Dan salah satu dari gugusan puncak triple S (sinabung,sibayak,dan sibuatan). Di kaki Deleng Sibayak inilah terdapat tempat pemandian air panas belerang (hot springs) Lau debuk-debuk. Pukul 22.00 wib rekan-rekan SBC yang berdomisili di Binjai dan Stabat berkumpul di Jalan Tengku Amir Hamzah ,Binjai.

Setelah berkumpul di Kota Binjai tim melanjutkan perjalanan menuju titik kumpul di Rumah Rekan SBC lainnya yang berada di Kota Medan. Sambil menunggu rekan yang belum berkumpul, kami pun berdiskusi untuk menentukan jalur perjalanan dan persiapan lainnya. Berdiskusi sambil bercengkrama semakin membuat suasana kekeluargaan semakin erat dan bertambah asik. Dan hal  inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk ngetrip bareng mereka walaupun lelah baru pulang kerja.hehehe.....

Tanggal 24 Juli 2015,pukul 01.30 wib dini hari tim SBC dan rekan begerak melanjutkan perjalanan menuju Gunung Sibayak. Tim sangat bersemangat untuk melakukan perjalanan kali ini. Namun walaupun begitu ,kami harus menghadapi beberapa kendala dalam perjalanan salah satunya ketika ban motor salah satu rekan pun bocor. Mendapati hal itu,saya berpikir pasti jauh dansulit mendapatkan tukang tambal ban. Tetapi kami beruntung,  didekat SPBU tempat kami berhenti ternyata ada tukang tambal ban yang buka 24 jam alias nonstop.

Sambil menunggu ban motor selesai di tambal, teman-teman yang lain pun beristirahat. Setelah selesai kami pun melanjutkan perjalanan. Sesampainya  di Pos Pertama kami diminta uang retribusi senilai Rp. 4000 /orang nya. Ketika sampai di Pos Kedua kami diminta Retribusi parkir senilai Rp. 15.000 /motor . Dari Pos Kedua inilah kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pendakian yang dilakukan pada saat dini hari sangatlah melelahkan. Mungkin ini disebabkan karena oksigen yang ada diperebutkan oleh kita dan tumbuhan di sekitar.

Sampai  di dataran tempat biasa membangun tenda Kami pun sholat subuh berjamaah. Usai Sholat ,kami berjalan menuju bibir kawah cinta gunung sibayak sambil mengabadikan beberapa momen dan disini kami membuat perapian untuk memasak air membuat minuman hangat.Kemudian teman-teman yang lain pun melanjutkan langkah kaki mereka hingga ke puncak Sibayak. Asik menikmati suasana di sibayak ini,akhirnya kami pun harus kembali pulang kerumah.Kami pun berkemas,ditambah lagi cuaca yang mendung dan gerimis.Turun dari gunung Sibayak ini,kami pun beristirahat di penatapan . Setelah itu kami pun kembali kerumah masing-masing.

Perjalanan ini sungguh mengesankan ditambah lagi dengan suasana yang masih lebaran. Kesempatan ini kami gunakan untuk bersilaturrahim dengan teman-teman baik yang sering ketemu maupun yang jarang bertemu. Dan berwisata tanpa nyampah itu sangat bijaksana.

SaLam Lestari...
SaLam Binjai Community

terima kasih kepada teman kita dari :

- UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta
- United Tractors Tbk Jakarta
- PT. Pertamina Retail Medan
- Arteri Telkomsel Medan
dll...

see you on next trip in wonderful of north sumatera...