SaLam Binjai Community

SaLam Binjai Community
kilometer NOL Sabang

Rumah Bolon Pematang Purba, Peninggalan Bersejarah di Simalungun, Sumut

By Setya50   Posted at   19:22   Wisata di sumatera utara No comments




salamsumu.blogspot.com,
Di desa Pematang Purba, kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Rumah Bolon.Rumah Bolon atau Rumah Besar ini adalah sebuah istana peninggalan dari Kerajaan Purba. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1600-an masehi. Raja pertama kerajaan Purba bernama Raja Parultop-ultop.


Awal berdirinya Kerajaan ini yang saya dapatkan dari abangnda Lonje , teman yang menemani saya ke Rumah Bolon ini. Dikisahkan pada suatu hari Raja Parultop-ultop pergi berburu, kemudian ia melihat seekor burung yang indah dan berusaha untuk mendapatkannya.



Namun usaha demi usaha yang dilakukan Raja Parultop-ultop untuk mendapatkan hewan buruannya gagal. tanpa disadari, ia pun telah jauh meninggalkan kampung halamannya dan sampailah Sang Raja ke tempat yang saat ini bernama desa Pematang Purba. Kemudian Raja Parultop-ultop pun mendirikan Rumah Bolon ini yang menjadi istana Kerajaan Purba. Raja Parultop-ultop yang kemudian disebut Raja Purba menjadi Raja Pertama kerajaan ini.



Di komplek Rumah Bolon ini terdapat bangunan-bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing. Ada bangunan yang kegunaannya sebagai tempat beristirahat raja, ada juga bangunan yang berguna sebagai balai atau tempat pertemuan dan lain sebagainya. Karena umur Rumah Bolon ini yang sudah ratusan tahun, maka tak luput juga dari kerusakan akibat usianya . dan Rumah Bolon ini telah beberapa kali dilakukan pemugaran bagian-bagian yang rusak, namun tetap arsitektur awal berdirinya Rumah Bolon tetap dipertahankan keasliannya.


Dari cerita yang didapat ,sangatlah membuat saya sangat terkesan. Untuk itu agar sejarah dan kebudayaan ini dapat diketahui oleh anak cucu kita. maka saat ini kitalah yang harus melestarikannya. Karena Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai dan melestarikan budayanya.

Didekat Rumah Bolon ini, ada juga tempat wisata lainnya yaitu Haranggaol. Tak salah wisatawan domestik maupun mancanegara kemari dan menjadikan tempat ini sebagai taget travelling selanjutnya. Semoga Bermanfaat......

SaLam lestari .......






>

About the Author

Wendy Setiawan belajar menjadi jurnalis
View all posts by: BT9

0 komentar :

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

Terima kasih..
telah mengunjungi blog sederhana ini.

berkomentar dengan baik dan sopan adalah budaya negeri kita, Indonesia.

jika ingin bergabung ataupun bekerja sama, silahkan ke fb page kita : SahabatAlam

Dan untuk shared artikel dan foto jangan lupa sertakan Link blog ini

About Our Blog

© 2013 Keindahan Wisata Alam Sumatera Utara . WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates . Powered by Blogger .