Jalan-jalan ke Air Terjun Namu belanga /alam dewi sinta bersama teman Rohis Kota Stabat




SaLam-Sahabat Alam (SBC), setelah lama tidak trekking (berjalan menyusuri hutan ) teman-teman SaLam Binjai Community bersama teman-teman dari Rohis Langkat wilayah Kota Stabat.Sepakat untuk melakukan trekking ke Air Terjun Namu Belanga dan Air Terjun Alam Dewi Shinta.Awalnya sempat kesulitan menentukan  tempat untuk trekking nya,tapi akhirnya semua teman-teman sepakat untuk ke Air Terjun Namo Blango dan Air terjun Dewi Sinta atau Siluman.

Kamis,Tanggal 14 mei 2015 pukul 07.00 wib kami berkumpul di halte  depan Mesjid Agung Binjai, dan ranger atau guide (pemandu) kita adalah abangda Jhon Rolis Ginting. Setelah berkumpul kami pun bergegas melakukan perjalanan pun dikarenakan hari beranjak siang.



Perjalanan pun berlangsung,banyak diantara teman-teman yang takjub akan keindahan alam yang ada di sekeliling menuju air terjun namo blanga."Subhanallah" ucap dari salah satu teman yang bernama kak Noto,"ternyata ada tempat seindah ini ya di Langkat masi asri banget ya tempatnya,kapan-kapan bisa kemari lagi nih.." sambungnya.




Setelah sampai di pos ranger atau guide Namu belanga kami mengganti pakaian untuk trekking dan memulai perjalanan yang lumayan extrem .Jalanan bebatuan dan tanah lumpur sudah menanti di depan. Walaupun begitu teman-teman semua semangat melakukan perjalanan ini. Tanah berlumpur ,naik dan turun bukit pun mereka lalui. Karena semangat itu ,semakin asik perjalanan ke air terjun ini.

Sesampainya di air terjun, kami langsung berendam dan berenang menikmati dinginnya air sambil mengabadikan moment. Untuk memacu semangat adventure teman-teman semua ,kami pun sedikit melawan arus di air terjun alam dewi shinta.
Luar biasa....!!! Tantangan banget ni ucap semua teman-teman. Dari air terjun ini ,kami pun bersiap untuk pulang ke Binjai dan Stabat. Kira-kira Pukul 17.00 wib kami pun sampai di Kota Binjai. Perjalanan yang berkesan kali ini dengan teman-teman Rohis dari Kota Stabat.
Salam Lestari.....
Jaga dan lestarikan alam kita...


Terima kasih kepada :
Teman-teman Rohis Kota Stabat
Jhon rolis ginting


SaLam Binjai Community (SBC)


   





Indahnya Air Terjun Lau Bengaru Di Sumatera Utara

air terjun lau bengaru yang indah di sumatera utara
Air Terjun Lau Bengaru adalah air terjun yang indah,memiliki ketinggian sekitar 25 meter . Air terjun ini terletak di desa telagah,langkat,Sumatera Utara. Jarak dari Kota Binjai sekitar 2 jam perjalanan menuju Base camp pemandu air terjun tersebut.Untuk menuju ketempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat.Jalan yang dilalui pun mulus kecuali ketika akan menuju air terjun ini yaitu jalan perkampungan yang notabene belum beraspal.
mengabadikan moment di air terjun lau bengaru
Keindahan Air terjun Bengaru adalah air terjunnya yang bersih dan juga masih banyak ikan-ikan yang hidup disekitar air terjun ini. Salah satu ikan tersebut adalah ikan jurung yang hidup disini dan terkenal sebagai ikan yang harganya cukup mahal.Selain itu air terjun ini pun tak keruh ketika hujan datang.Jadi walaupun kita berkunjung kesini saat hujan,jangan kawatir karena air terjun bengaru tetap bersih dan jernih.
air terjun bengaru yang tetap jernih walaupun saat hujan datang
Untuk jalur trekking dari base camp pemandu air terjun hingga ke air terjun,dapat di capai dengan trekking berjalan kaki ataupun bisa menggunakan sepeda motor.Dan disarankan bagi yang menggunakan sepeda motor agar mengecek kesiapan kendaraan agar tidak terjadi kendala saat melalui jalan desa yang berbatu dan berlumpur.Saat saya ke air terjun ini bersama teman-teman SaLam Binjai Community di tanggal 27 maret 2014 saya mengendarai motor matic saya.Walaupun disarankan pemandu air terjun agar tidak menggunakan motor matic.Tapi apa boleh buat ,motornya cuma itu mau tidak mau ya harus dipacu,karena memang keinginan saat itu mencapai air terjun bengaru.

Kira-kira setelah menempuh 90 menit perjalanan dari basecamp pemandu kami memarkirkan kendaraan di area yang sudah disediakan. Dan berjalan menuruni bukit selama 15 menit,barulah kami sampai di air terjun bengaru.Suara gemuruh air terjunnya sangat menenangkan ditambah suasana alam yang masih sangat asri tanpa ada polusi,sampah dan illegal logging.Setelah sampai kami langsung menceburkan diri di dinginnya air terjun ini.Segar rasanya hingga kepenatan aktifitas sehari-hari di kota hilang sudah.Disekitar air terjun ini pun banyak terdapat air terjun yang berukuran kecil untuk dinikmati.Ketika kami rasa cukup,kami pun bergegas pulang kembali menuju Kota Binjai.Dan yang tak kalah penting,untuk menjaga tempat ini agar tetap asri tidak kotor karena sampah ataupun coretan di tebing dan bebatuannya. Dan tidak rusak akibat adanya illegal logging atau penebangan pohon secara ilegal agar warisan alam di sumatera utara ini dapat disaksikan hingga ke anak cucu kita.

SaLam Lestari...
SaLam Binjai Community
(Sahabat Alam)